Cara tetap bugar dan aktif di rumah selama isolasi mandiri virus corona

Kebijakan jarak sosial yang ekstensif diberlakukan untuk membatasi penyebaran COVID-19 berarti kebanyakan orang harus menghabiskan banyak waktu di rumah. Isolasi diri berarti jauh lebih sedikit kesempatan untuk aktif secara fisik jika Anda terbiasa berjalan kaki atau bersepeda untuk transportasi dan melakukan olahraga waktu senggang. Sementara tindakan isolasi diri diperlukan untuk mencegah penambahan berat badan dan menjaga semangat selama masa-masa sulit ini.

Olahraga bisa dapat menambah sistem imun dan juga meningkatkan kekebalan tubuh kita menjadi kuat, serta bisa menahan dari rentannya terhadap infeksi dan penyakit tertentu, konsekuensinya yang paling parah, dan lebih mampu pulih darinya. Ketidakaktifan fisik telah menelan korban 5,3 juta jiwa per tahun secara global. Jadi kita harus mempertimbangkan cara untuk membatasi dampak dari dampak krisis COVID-19, serta dampak yang lebih luas dari kontribusi terhadap krisis penyakit kronis jangka panjang.

Berapa banyak aktivitas fisik yang dibutuhkan?

Rekomendasi global adalah untuk semua orang dewasa untuk mengumpulkan setidaknya aktivitas fisik intensitas sedang, serta aktivitas penguatan otot pada dua hari atau lebih dalam seminggu. Aktivitas apa pun lebih baik daripada tidak sama sekali. Anda bisa melakukan olahraga di dalam rumah dengan menggunakan game olahraga. Karena beberapa negara sudah dikunci, dan tidak pasti berapa lama Anda bisa keluar untuk berjalan-jalan, berlari, atau bersepeda. Pertanyaan kuncinya adalah bagaimana orang dapat memenuhi pedoman ini ketika terbatas pada lingkungan rumah?

Membiasakan kegiatan Duduk, berdiri dan bergerak

Beristirahatlah secara teratur dari ponsel Anda. Misalnya, Anda dapat beristirahat beberapa menit untuk berjalan jalan, menghirup udara segar di balkon, di taman atau halaman, atau bermain dengan hewan peliharaan Anda selama beberapa saat. Bergantian periode berdiri saat bekerja/belajar dengan duduk dengan membuat area meja berdiri sendiri.

Jadikan tangga sebagai teman terbaikmu

Menggunakan tangga adalah cara yang sangat efisien waktu untuk menjaga kebugaran. Sedikit naik tangga cepat 20 detik tiga kali sehari dapat meningkatkan kebugaran hanya dalam enam minggu. Jika Anda tinggal di apartemen, hindari pertemuan lift yang tidak nyaman dengan tetangga yang mengasingkan diri lainnya dengan menggunakan tangga untuk perjalanan luar ruangan yang diperlukan. Berhati-hatilah untuk menghindari banyak kontak dengan pegangan tangan. Tangga internal juga menawarkan lebih banyak kesempatan memanjat tangga dan latihan kekuatan.

Gunakan berat badan Anda sendiri

latihan kekuatan memanfaatkan berat badan Anda sendiri seperti push-up, sit-up dan papan sama pentingnya untuk Kesehatan tubuh. Ada banyak sumber yang bagus untuk latihan berat badan dalam ruangan seperti itu untuk orang-orang dari segala usia secara. Yang bertujuan untuk setidaknya beberapa sesi berat badan sendiri per minggu, dengan setiap sesi melibatkan dua hingga empat  pengulangan setiap latihan yang meningkatkan kekuatan. Pastikan Anda untuk beristirahat dua hingga tiga menit.

Lakukan saja sesuatu

Dibiarkan tanpa pengawasan, isolasi diri yang diberlakukan oleh COVID-19 kemungkinan akan meroket waktu duduk dan akan secara drastis mengurangi tingkat aktivitas fisik bagi banyak orang. Saran kami hanyalah beberapa contoh ide yang tidak memerlukan peralatan khusus dan dapat dilakukan dalam ruang terbatas. Tujuan akhir selama isolasi diri adalah untuk mencegah kerusakan kesehatan fisik dan mental jangka panjang dengan mengurangi duduk, bergerak sesering mungkin, dan bertujuan untuk menjaga kebugaran dengan huffing dan tiup beberapa kali sehari. Jika anda merasakan kesehatan fisik anda semakin menurun segeralah meminta tindakan medis.